Rabu, 09 Mei 2012

Bahan Ajar 2


Ringkasan Materi Mata Pelajaran TI& K
Perkembangan Perangkat Teknologi Informasi
Dan Komunikasi Beserta Fungsinya
          Alat hitung tredisional salah satunya adalah Abacus yang di pakai oleh bangsa Romawi kuno, cina dan beberapa negara di asia. Kalkulator otomatis pascal, adalah seperangkat roda gigi yang saling berhubungan yang dapat melakukan penjumlahan dan pengurangan.
            Komputer Mekanik dibuat Charles babbage pada tahun 1842, lalu muncul versi pertama yang disebut denngan Mesin Penganalisis (Analitycal Engine) menggunakan kartu-kartu berlubang. Kemudian Hollerith menemukan mesin tabulasi yang berfunsi mentabulasi informasi sensus lebih dari 6 juta orang. Antasoft Berry Computer/ ABC berhasil membuat komputer listrik pertama yang digunakan John W dalam pembuatan ENIAC atau Elecronic Numerical Integrator And Computer.
Komputer Generasi Pertama 
            Komputer generasi pertama lahir pada tahun 1948 yang hanya dapat mengerjakan tugas tertentu yang spesifik. Komputer ini mempunyai ukuran yang sangat besar dan sulit diprogram serta memiliki kecepatan terbatas, seperti keperluan perang, mendisain peswat terbang, peluru kendali. Horword H.Aiken (1900-1973), Horword dengan IBM mendisain kalkulator elekronik (Mark 1) yang menggunakan gelombang elektro magnetik untuk menggerakkan komponen mekaniknya itu.
            Komputer ENIAC dirancang oleh Jonh preper Eckert (1919-1995) dengan Jonh W Mauchly (1907-1980). ENIAC menpunyai ukuran yang besar dan mempunyai kinerja lebih cepat 1000x lipat dibandingkan dari Mark1. kosep disaen tersebut dugunakan oleh Von Neuman untuk merancang seuah komputer disebut dengan (EDVAC) yang dilengkapi dengan memori tang dapat menampung program data. 
            Pada tahun 1951 Remington Rand kemudian mengembangkan UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) menjadi komputer komersil pertama. Beratnya hanya 8 ton, sedangkan ENIAC mempunyai berat 30 ton, tapi masih belum efisen jika di bandingkan dengan komputer yang ada saat sekarang ini.   

Komputer Generasi Kedua
            Pada komputer generasi kedua ini, menggunakan transistor yang sangat berpengaruh besar terhadap ukuran komputer. Ukuran komputer menjadi kecil dan energi yang di gunakan menjadi lebih hemat. Komputer ke dua ini juga sudah mempunyai progran dan bahasa pemograman, sejak itu banyaklah muncul prgramer dan perusahaan- perusahaan perangkat lunak.
Komputer Generasi Ketiga
            Setelah transistor berhasil menjadikan komputer dengan ukuran kecil, namun  kelemahannya dapat menghasilkan panas yang cukup besar yang dapat berpotensi merusak bagian komputerlainnya. Pada tahun 1958, Jack Kilby, menemukan IC (Integrated Cirkuit). Untuk menghasilkan komponen lebih bayak.
Komputer Generasi Kempat
            Setelah ditemukan chip perkembangan komputer semakin cepat. Ilmuan berhasil menyusun chip-chip dalam sebuah sirkuit dan menghasilkan apa yang di sebut mikroprosesor. Mikroprosesor pertama digunakan untuk komputer adalah Intel 8008 yang dibuat pada tahun 1972. Selain perkembangan kecepat mikroprosesor, perkembangan komputer generasi ke empat juga di tandai dengan penggunaan komputer untuk mengontrol peralatan-peralatan lain seperti AC, kulkas, mobil dan sebagainya.
            Harga komputer semakin murah menyebakan pengguna komputer tidak hanya untuk keperluan bisnis saja, masyarakat juga menggunakan untuk keperluan sehari-hari baik untuk mengakses informasi maupun untuk hiburan. Perkembangan jaringan teknologi komputer sekarang  yang ada kemudian dihubungkan dalam jaringan lokal dan jaringan internet. Mungkin kita mengenal komputer yang pernah beredar di pasaran, seperti IBM PC/486, Pentim,I, II III, IV, AMD K6 dan AMD Athlon. Komputer-komputer tersebut merupakan contoh-contoh komputer generasi keempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar